Friday, 5 January 2018

Bagimu Negeri Kami Berbagi, Sebuah Persembahan dari Prudential untuk Indonesia




Wajah-wajah mereka terlihat bahagia dengan tawa lebar tersungging di sana. Sesekali mereka bahkan saling bergurau dan berpose untuk foto. Dengan gaya yang ajaib kadang alay, khas anak remaja. Namun sejurus kemudian kesadaran membawa saya kembali dan membuat saya menghela napas. Mereka berbeda.

Selamat datang di Lapas Anak Pria Tangerang.
Iya. Anak-anak itu adalah penghuni lembaga pemasyarakatan.

Orang bilang menjadi penghuni lapas bagaikan cacat seumur hidup. Orang kebanyakan memberi stereotipe negatif bahwa penghuni lapas tidak memiliki masa depan. Sedih sekali mendengarnya. Setiap orang tentu berhak untuk mendapatkan kesempatan kedua. Jika orang suci pernah punya masa lalu, bukankah pendosa juga berhak memiliki hari esok?

Gembira bersama Prudential
Adalah Prudential, salah satu perusahaan penyedia jasa asuransi di Indonesia. Pada tanggal 2 November 2017 yang lalu merayakan hari jadinya yang ke-22. Di usia yang ke 22 tahun ini, perayaan dikemas dalam bentuk syukuran bersama para anak didik lembaga pemasyaratan (LAPAS) Anak Pria Tangerang, serta para relawan Prudential Indonesia. Senang rasanya mengetahui bahwa  peringatan hari jadi ini merupakan ke-sebelas kalinya yang diadakan di Lapas Anak Tangerang. Sejak tahun 2006, Prudential Indonesia melakukan kegiatan kunjungan ke Lapas Anak sebagai bentuk rasa syukur atas beragam pencapaiannya sebagai bagian dari program corporate social responsibility (CSR).

Anak-anak dan remaja merupakan aset yang teramat berharga. Di tangan merekalah masa depan kemajuan bangsa dan negara kita. Maka dari itu Prudential tergerak untuk selalu menjadi bagian dari proses pembangunan masa depan Indonesia. Sebagai wujud nyata Prudential hadir di Lapas anak pria Tangerang untuk membantu memberikan pelatihan keterampilan antara lain dengan pelatihan kelas bahasa Inggris yang dimulai sejak tahun 2012 dan telah berakhir pada bulan Juli 2017 yang lalu.

Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Prudential Indonesia terhadap anak-anak di Lapas Anak Tangerang agar mereka tetap bersemangat menyambut hari depan. Bahwa menjadi penghuni lapas tidak lantas membuat mereka seutuhnya menjadi manusia gagal. Mereka tetap dapat mengembangkan diri dan memupuk kemampuan di bidang yang positif. Dan pada akhirnya mereka dapat berbaur dengan baik saat nanti kembali ke masyarakat.



Acara semakin meriah dengan tampilnya Band Kotak untuk menghibur ANDIK (Anak Didik) di Lapas Tangerang. Segera seluruh peserta acara bersorak dan ikut melantunkan lagu-lagu Kotak yang menghentak. Heboh pula anak-anak mengabadikan penampilan Kotak dengan kamera ponsel masing-masing. Sejenak lupa bahwa anak-anak ini adalah penghuni Lapas. Mereka tampak bergembira lepas. Bahagia.

Pertunjukan istimewa juga ditampilkan oleh para anak didik. Mereka menampilkan kesenian rebana. Tentu tak kalah memukau. Acara hari itu berlangsung sederhana, namun penuh aroma suka cita. 


Acara ini dihadiri oleh President Director Prudential Indonesia, Bapak Jens Reisch. Bapak Rinaldi Mudahar selaku Country CEO & Chief Executive Agency, Ibu Nini Sumohandoyo sebagai Corporate Marketing & Communications & Sharia Director, Bapak Aaron Fryer yang adalah Chief Financial Officer, Bapak Wahyu Wibowo beliau adalah Chief Learning & Development Officer, serta Ibu Kamariah Chan selaku Managing Director Agency Operation & Finance. Hadir pula sebanyak lebih dari 75 orang relawan yang merupakan staf Prudential Indonesia turut mensukseskan acara.

Tiga pilar Corporate Social Responsibility Prudential
Prudential Indonesia dalam tanggung jawab sosialnya bertumpu pada tiga hal. Pendidikan, kesehatan dan tanggap bencana.

Dalam pilar pendidikan, Prudential berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan bagi masyarakat, terutama pada anak-anak, perempuan dan masyarakat berpenghasilan rendah.  Perusahaan juga mendukung program literasi keuangan pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan.  Terdapat 7 program dalam pilar Pendidikan yaitu cha-ching money smart-kids, program master aktuaria, sharia roadshow bersama masyarakat ekonomi syariah, literasi keuangan untuk perempuan, lembaga pemasyarakatan anak, chairman’s challange dan literasi keuangan OJK.

Dalam pilar kesehatan, Prudential telah berkomitmen untuk membantu anak-anak penderita kanker untuk bisa mendapatkan bantuan pengobatan dan ruangan yang memadai di rumah sakit saat perawatan. Bangsal anak-anak di RS Kanker Dharmais dibangun di tahun 2005 agar anak-anak dapat tetap menikmati hari-hari mereka saat menjalani pengobatan di rumah sakit.

Di samping itu Prudential juga mendukung kelangsungan pengobatan anak-anak penderita kanker dengan penyediaan mesin Apheresis. 5 Mesin Apheresis telah diberikan kepada 5 rumah sakit: RS Kanker Dharmais, RS Cipto Mangunkusumo , RS Hasanuddin, RS dr. Sardjito dan RS Sanglah sejak tahun 2011. Sampai 2017, sebanyak lebih dari 7000 anak-anak penderita kanker telah menggunakan mesin ini untuk pengobatan mereka.
Dukungan untuk anak-anak penderita cacat juga pernah dilaksanakan melalui kerja sama dengan YPAC.
Dalam pilar tanggap bencana, Prudential berkomitmen untuk memberikan bantuan darurat kepada korban bencana alam di daerah-daerah di Indonesia. Sedangkan dalam program Save School, Prudential bekerja sama dengan  yayasan Save The Children, Prudential Indonesia memberikan penyuluhan tanggap darurat bagi anak-anak pelajar Sekolah Dasar.
Anak-anak yang tinggal dan sekolah di daerah rentan bencana dibekali pengetahuan untuk penyelamatan diri serta persiapan bencana.




2 comments:

  1. Prudential keren yah, program CSR nya? Semoga bisa diikuti oleh perusahaan yang lain

    ReplyDelete
  2. Salut utk Prudential dg 3 Pilar CSRnya..

    ReplyDelete