Thursday, 16 November 2017

Ketika Ide Menjadi Duit



“Orang kaya mempunyai kemampuan untuk mendapatkan ide dan membuat ide itu menjadi bisnis”
Rich Dad’s Guide to Investing

Dalam sehari semalam 24 jam berapa kali kita mendapatkan sekelebatan pikiran? Kadang lagi bengong nungguin ojek online, sambil menikmati makan siang di pantry kantor sendirian, atau paling sering sambil menjalankan ‘ritual pagi’ di ruang belakang. Ide bisa datang kapan saja. Dan sayangnya dapat juga pergi seenaknya. Menguap begitu saja. Nah supaya ide yang nongol di kepala ga ilang, tuliskan. Meski cuma jadi coret-coretan. Siapa tahu ide yang awalnya hanya coretan tak bermakna malah kemudian bisa menjelma menjadi pundi rupiah tak terduga. Iya kan?
Gimana caranya?

IWIC 11 lah jawabannya.

Apa itu IWIC 11
IWIC adalah singkatan dari Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contest atau disingkat IWIC adalah ajang kompetisi inovasi teknologi di bidang wireless yang secara konsisten dan pertama di Indonesia yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo. Kompetisi ini diselenggarakan secara tahunan sejak tahun 2006, sebagai bagian dari program CSR Indosat Ooredoo pilar INOVASI.
IWIC merupakan lomba ide aplikasi mobile (mobile apps). IWIC adalah program tahunan yang diadakan Indosat Ooredoo sejak 2006, dan tahun ini adalah IWIC yang ke-11. Tujuan IWIC ini diadakan adalah untuk memotivasi masyarakat Indonesia dari semua kalangan dan usia untuk menjadi inisiator, ideator dan pencipta aplikasi mobile, dan tidak hanya menjadi pengguna/konsumen. Menciptakan ide aplikasi mobile yang bisa berguna bagi banyak orang, menyelesaikan masalah sehari-hari, meningkatkan dan memperkaya kualitas hidup masyarakat, dan bahkan yang bisa bersaing dengan produk digital dunia global. Lomba ini tidak hanya terbuka untuk developer professional saja, namun siapapun yang punya ide, apapun idenya bisa dituangkan di program IWIC 11 ini.

Kategori yang dilombakan di IWIC 11
Professional/developer/programmer, kamu laki-laki yang sehari-hari bekerja sebagai programmer, professional di bidang pemograraman walaupun tidak berprofesi sebagai probramer dan memiliki ide atau aplikasi yang ingin di submit.
Beginner/awam, kamu laki-laki yang mengerti sedikit soal pemrograman atau tidak mengerti sama sekali, kamu laki-laki yang masih kuliah.
Women and girls, kamu yang professional/developer/programmer atau beginner/awam tapi adalah seorang perempuan.
Kids and Teens, laki-laki atau perempuan yang masih bersekolah.

Apa yang dilombakan di IWIC 11
IWIC11 mengkompetisikan ide aplikasi mobile dan aplikasi komputer.

Kenapa kalian harus ikut IWIC 11
IWIC telah berkembang menjadi kompetisi bertaraf internasional sejak 2016, untuk menyelaraskan bakat digital Indonesia dengan pemain internasional melalui penciptaan ide-ide aplikasi. Dengan mengikuti IWIC 11 ide dan aplikasi kamu akan lebih dikenal masyarakat luas. Kamu juga mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan mentoring dan bimbingan dari para ahli untuk mengembangkan ide kamu. Kamu juga bisa mengembangkan network dengan bertemu dan bertukar pikiran secara langsung dengan founder dan penggiat startup yang telah lebih dulu berkarya. Kamu juga akan mendapatkan pengalaman untuk mengunjungi berbagai perusahaan global. Serta yang tidak kalah penting adalah kesempatan bertemu investor untuk pendanaan lanjutan.  
Ada kompetisi tentu ada hadiah yang disediakan. Untuk kompetisi bertaraf internasional ini IWIC 11 menyediakan hadiah ratusan juta rupiah untuk pemenang ide terbaik.

Jika kamu ingin bergabung dan mewujudkan idemu menjadi duit, kamu bisa gabung di kompetisi ini. Untuk selengkapnya kamu bisa klik di tautan ini 
Selamat berkompetisi dan semoga sukses ya 😊😊😊


17 comments:

  1. Keren ni kompetisinya...bikin aplikasi buat mamak2 rempong biar tetap kece walaupun ngga sempat nyalon hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Dew, keren kompetisinya. Mau doong aplikasinya 😁

      Delete
  2. Kompetesinya buat yang suka teknologi dan update terus ya,siiplah mbak flo 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya buat yang ga apdet teknologi juga bisa sih mba Vit. Kan ini kompetisinya tentang ide. Soal nanti idenya mau dieksekusi bisa lanjut deh..

      Delete
  3. Wah ada kompetisi ini ya...harus bikin sesuatu yang beda nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups mbak Dan, makin fresh idenya kemungkinan menang makin besar 👍

      Delete
  4. Aku ada sih kepikiran beberapa ide coba ah ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuukk mbak Mun, semoga menang yaa😘

      Delete
  5. Senangnya ada info lomba berbau teknologi, bahkan ada kategori khusus perempuan. Berasa disemangatin, kalau perempuan juga bisa diandelin buat utak atik program hehe

    ReplyDelete
  6. Keren banget! Infoin ke temen ah 😊

    ReplyDelete
  7. Ini lombanya bagus banget ya pastinya

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya, ada ide apa y buat iktan lombanya..😏

    ReplyDelete
  9. Unik yaa kompetisinya. Pasti banyak aplikasi baru inovatif setelah ini.

    ReplyDelete
  10. Hmm...lagi mikir mau ikut lomba ini, bikin apa yaa

    ReplyDelete