Berburu Batik di Kampung Batik Semarangan



Lawang sewu, maskot nya Semarang


Saya jadi tour guide!
Belum genap 2 minggu saya pindah ke Semarang, saya sudah dikasih tugas dari kakangmas tercinta untuk menemani keluarga dari Surabaya yang sedang jalan-jalan ke Semarang. Saya excited banget tentu saja. Sebagai orang yang demen keliling-keliling saya langsung browsing nyari tempat asik yang cocok buat kami jalan. Wisata kuliner, wisata budaya dan tentu saja cari oleh-oleh. 

Salah satu lokasi yang kami tuju adalah Kampung Batik. Iya, bukan cuma Solo dan Pekalongan yang punya kampung batik. Semarang juga dong.
Perjalanan menuju ke kampung batik sedikit drama, nyasar. Masalahnya meskipun sudah pake GPS, saya nggak ngerti jalannya lewat mana. Hoalahhh.. piye to Nok...?!     
Hehehe. Harap maklum lah yaa, penunjuk jalannya belum hapal jalanan Semarang.

Di kawasan ini ada berjejer-jejer toko yang menjual batik. Ada pula beberapa pembatik yang sedang membatik dengan canting, manual. Kereeennn..

Batik yang ditawarkan juga beragam. Ada batik yang masih berupa kain ada pula yang sudah dalam bentuk baju atasan, daster, celana bahkan gaun. Macamnya pun beraneka.  Mulai batik cap, batik printing dan batik tulis. Harga menyesuaikan kualitas tentu saja. Batik tulis tentu menjadi batik yang paling mahal. Handmade gaeess..

batiiikkk
 
kainnya bagus-bagus banget

mau dibawa pulang semua
 
kain warna orange pojok bawah ini saya cinta banget, tapi jadi seragam anak sekolahan :(
Sejak masuk gerai pertama perhatian saya sudah langsung tercuri pada kain batik bermotif kupu-kupu. Motifnya gede banget. Walaupun kalau mau dibikin baju, bingung juga sih dengan motif segede itu, hehe.

Motif kupu-kupu yang langsung mencuri perhatian

Selain motif itu, ternyata masih banyak motif batik lain yang khas Semarangan. Ada batik motif lawang sewu, motif tugu muda, layar, pecinan, capung, bahkan motif bandeng juga ada. 

Motif bandeng

Kiri: Motif Pecinan; Kanan: Motif Layar
 
motif Tugu Muda

Kalian mau cari batik Semarangan? Silakan kesini ya. Banyaaak pilihannya. Kalau pinter nawar bisa dapet harga bagus. Pas saya kesana ada diskon akhir tahun yang lumayan menggoda lho..

Wow! 25%!

Lokasi Kampung batik ini ada di gang Batik di deket bundaran Bubakan. Patokan paling gampang menurut saya adalah di belakangnya BRI Jalan MT Haryono. Gang Batik ada di sebelah kiri jalan. Jangan sampe nyasar ya...!

Comments

  1. catet ah, siapa tahu main ke semarang lagi. biar ada tempat main yang baru, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment