Saturday, 6 September 2014

JOGJA

Jalan-jalan ini adalah jalan2 jaman dahulu kala. jaman pertengahan november 2013. jaman lucu2nya audit peli**o 3. trus dengan nekadnya beberapa auditor cantik ini nekad kabur 3 hari dari kantor. Sabtu-Minggu-Senin escape to Jogja. huahahaha.
awalnya sih, saya, mba vije sama mba titah pengen ngikut gabung backpecker indonesia yang mau maen ke ijen-menjangan-baluran. namun setelah berkonsultasi kepada ibunda tercinta, ijinnya ga turun. soalnya terlalu padet, khawatir anaknya yang galak tapi manja ini kecapekan terus sakit. hehehe:p

Karena gagal ke baluran, akhirnya saya dan mb vije ikutan gabung tim lain yang mau mbolang ke jogja. Ada sharie, cipa, pipit, dan mb esti. 
berangkat dari surabaya naik bis eka, jumat jam 11an malem. ngumpulnya sih sekitar jam 8an gitu di tempat pipit. 
berangkatnya sih nyantei aja. soalnya kan kita mikirnya udah malem, pasti ga seberapa macet dan rebutan. and thats totally wrong! karena kita lupa kalo itu adalah long weekend!
sampe pool bisnya, antrinya masya Allah...
beda2 tipis sama antrian pembagian zakat maal kalo mau lebaran. innalilahi....:(

tapi apapun yang terjadi kami tetap berazzam kuat untuk tetep berangkat. kalopun ga dapet bis ke jogja, ya ke malang ato mana ajah. yang penting keluar dari surabaya. 
*trus tiket kereta jogja-sby yg udah dibooking buat senin dini hari apakabar kalo ga jd ke jogja? dipikirin belakangan! hahaha:D
bukan apa2, soalnya udah keburu malu duluan terlanjut woro2 ke temen2 kalo kami mau liburan. hahahhaha, makan tuh gengsi!

setelah kelar drama per-bis-an, alhamdulillah kami dapet juga bis patas eka sby-jogja lewat solo. 
bismillah.....brangkaaaaatttt!!!

so far, everything is fine. kami semua bobok ileran berbagai gaya dan pose manis dan cantik sampe dibangunin pak kondektur pas sampe ngawi buat istirahat makan malam, eh makan sahur sih lebih tepatnya, jam 3 pagi bok!
anyway, ongkos bis sby-jogja lumayan murah lho. cukup dengan tiket 85k sudah bisa dapet makan di depot yang jadi tempat transitnya. bis nya lumayan bagus n nyaman pake ac yang adem plus dapet aqua botol kecil, bukan aqua gelasan. hihihi.

kami mesen apah? sebagai makhluk yang sok berpengalaman bepergian antarkota naik bis, saya merekomendasikan pesen rawon ajah. lumayan sih, walopun ga yang enak2 banget. ya daripada saya pernah nyobain bakso n soto dagingnya yang ya gitu deh, pokoknya masih mendingan rawon nya ajah. 
abis makan, pipis, dandan, dsb dst kami balik lagi ke bus buat....bobok lagi!
perjalanan sisanya dihabiskan dengan satu macam gaya tersebut.

sampe solo sekitar jam 5an, saya kebangun blom sholat subuh. jadilah saya sholat subuh diatas bis sambil dengan bersuci pake tayamum. waktunya molor yes! perkiraan sih harusnya jam 5-an udah sampe jogja. maklum sih, long weekend jadi macet dijalannya.

sampe terminal giwangan jogja sekitar jam 7an pagi. dan kekonyolan dimulai. mulai dari sok taunya saya nunjukin shelter busway yang mana bikin malu karena jadi di tegor sm petugasnya. sampe berdebat di dalem busway kita mau turun dimana yang mana kita malah jadi tontonan orang se-transJogja. malu2in. hahahaha.
saking berisiknya kita, sampe ada bapak2 yang nanya dikira kita anak SMA yang lagi liburan sekolah ke Jogja. Helloww??!! Kita lulus SMA errrr....9 th yang lalu! wakakakakaka!
*maafkan keberisikan kami yah, warga masyarakat jogja tercintah, hihihi. bbrp sungkem ke sultan jogja:p*
btw, di trans jogja ini saya dapet berkah lho, didoain mbah2 yang barusan naik gara2 saya ngasih tempat duduk saya ke beliau. ditanyain dari mana, mau kemana, n ujung2nya didoain smg selamat, sehat n rejekinya lancar. aamiin...:))

pagi Jogjaaaaa.....!

Setelah turun dari trans jogja n adu mulut sejenak, akhirnya kita memutuskan untuk nginep di seputaran malioboro aja. maunya di sastrowijayan, belakangnya pasar beringharjo. tapi karena udah penuh, *salah siapa ga booking tempat nginep duluan hah?!* akhirnya kita nyebrang ke sosrokusuman. belakangnya malioboro mall. disini kita bolak balik masuk losmen murmer nyari yang masih kosong. dapet juga semalem 125k double bed ada tivi, dan ac. tapi kamar mandi luar. maunya sih kita ambil satu kamar. secara kita ber5 maunya umpel2an aja. lagian kan emang kita niatnya beckpecker dan kamar cuman buat naroh tas ransel ama baju. hehehe

kayaknya sarapan bubur ayam disini enak, kayaknya sih...
harusnya nginep di gang ini, tapi ga kebagian. fullllll....:D

tapi ga dibolehin dong, ber5 minimal ambil 2 kamar. yowis, kita ambil 2 kamar, yang satu ratenya cuma 50K, soalnya kecil ga pake TV n AC. jadilah kamar yang kecil itu ga ditempati. itung2 sewa extra bed aja lah. toh di kamar yang gede emang udah ada extra bed tanpa harus minta lagi. jadi buat nginep kita keluar duit 175k dibagi ber5. muraaahhh!!! hihihi:D

Abis check in dan mandi2 pagi, jam 10an kita keluar buat keee....sarapan!
muter2 dan muter akhirnya malah ngemoll di malioboro mall. hiks! makan soto ayam sayanya. soalnya udah laper buanget sekalian mau janjian sama mb vije n sekalian ketemuan sma mas2 penyedia sewa motor. 

abis mandiiiii...
drama dimulai lagi pas mas2 penyedia sewa motornya udah didipan mall dan telpon2an sama saya. jadi percakapan kami kurang lebih begini..

Saya (SY): Halo, mas saya yang tadi sms buat nyewa motor. ini saya udah didepan malioboro mall. deket halte trans jogja itu lho..
Mas Motor (MM): Iya mb, saya juga. ini saya sama temen saya. dua motor kan?
SY: Iya, mas dimana sih? saya udah lama nunggu lho..
MM: Saya di pinggir jalan mb, pake jaket kulit item. Motornya vario pink.
SY: Saya juga udah dipinggir jalan mas
MM: Oke, bentar mbak..

setengah jam kemudian....
MM: Halo, dimana mb? saya udah disebelah halte nih
SY: Saya apalagi. udah dari tadi nungguin mas... *mulai emosi, mana lagi panas banget jogjanya..
MM: Mb dimana nya halte sih?
SY: Setelahnya halte mas....ini kan satu jalur to...saya pake baju kuning gonjreng, topi merah, kebangetan banget kalo ga keliatan... *dikipasin pipit, sabar flo...sabar...:D:D
MM: oke mbak...

sejam kemudian....
oknum MM berjaket kulit hitam cengengesan menghampiri saya yang udah kyk kerupuk dipanggang matahari malioboro. gggggrrrhhhhh.....
ternyata eh ternyata, kami saling menunggu. kan halte trans jogja di malioboro ada 2 sodara2!! hauahahahahhahahahahaha:D:D
baru bisa ketawa setelah nyruput es cendol di kaki lima:D

Setelah bertransaksi sewa motor, perhari 45K. jadi kami sewa 2x45k = 90k. oiya, itungannya per 24 jam yah. cuman entah kenapa kemaren kita dikasih ijin nyewa motornya sampe sore untuk hari ke2. jadi dipulanginnya besok sore jam 17.00 dengan harga sewa itungan 24 jam. mungkin karena kasian liat saya udah kering. hohoho

oiya, untuk 1 motor diperlukan minimal 3 ID card buat bisa nyewa. jadi kemaren segala macem ktp, npwp, kartu alumni kampus, dst dikeluarin buat nyewa 2 motor itu. tapi jangan khawatir, pas balikin motor segala ID card itu dibalikin juga kok. jangan lupa juga untuk minta dibawain jas ujan, kalo helm sih udah all in. jadi 1 motor dikasih sewa free 2 helm. Trus juga, sewa motor gitu kosongan lho ya, artinya tangki bensin beneran kosong. jadi jangan lupa mampir spbu dulu buat ngasih minum si motor sewaan.


Setelah semua siap? kita ke masjid! Sholat dhuhur tante. 
Masjid kauman yang terkenal itu lhooo...
lokasinya terletak di sebelahnya keraton Jogjakarta. Pas pertama masuk masjid ini, saya langsung inget filmnya sang pencerah dong. yang adegan kiblat melenceng itu lho. yang akhirnya malem2 santri2nya KH Ahmad Dahlan ngegeser arah shaf sesuai dengan arah kiblat yang bener. and its really happened!
sampe sekarang beneran masih kayak gitu. jadi susunan sahaf sholat nya agak miring ngikutin arah kiblat. 
sayangnya saya ga sempet motretnya. soalnya udah keburu sholat jamaah. trus abis sholat malah lupa. hehehe:D

abis sholat kami poto2an lagi. mba vije malah sempet dapet kenalan mas2 cakep dari jakarta yang lagi nganter sodaranya abis kondangan. huahahahahha. 
temen2 saya emang canggih!

kika: pipit, sharie, cipa
anak ilangnya siapa ini yak?:D
nampak bahagia...padahal....
 
inilah kejadian yang sebenarnya. bayangkanlah apa yang ada dipikiran ibu2 yang lewat tsb? hahahah:D

abis dari keraton n kauman kita nyari makan lagi karena udah sore. makan sop ayam rekomendasi mb vije diiii....ga tau dimana. pokoknya muter2nya ga jauh dari taman sari. hahahaah
abis gitu badai aja dong dan akhirnya kami memilih balik ke losmen buat istirahat. serem badainya jogja.

Malem2 kami laper lagi. trus kita makan keee....KEDAI RAKJAT DJELATA. lucuuuuuu buanget. jadul gitu lho. saya jatuh cinta sama suasananya. di dinding2 cafe nya ada poto2 owner dengan gaya yang jadul dan lucu abis. trus sajian makanannya pun lucu syekaliii... kalo nanti saya punya usaha kuliner, saya maunya ya yang model2 kek gini nih. inspiring banget pokoknya sih. 

no meja nya pake ini
 
antri dikasir

gambar di belakang itu ownernya, lucu yah?:)


kalo dari rasa emang ga yang enaaaaak buanget juga, tapi kan sebanding sama harganya yang juga ga mahal. pas buat turis beckpecker dadakan kayak kita. hehehehe

abis dari cafe ini, kami balik losmen karena udah malem. temen2 saya besok pagi2 banget mau lanjut ke goa pindul, while saya besok pagi juga mau balik ke sby. soalnya kan saya mau lanjut ke semarang. takut kecapekan kalo terlalu di forsir. tugas negara sudah menanti. hohoho.

byebye JOGJA... cintaku takkan pernah habis untukmu...:*

nb: foto2 KEDAI RAKJAT DJELATA saya ambil dari 
http://anytimepossible.blogspot.com/2014/08/kedai-rakjat-djelata.html dan dari
http://manggarculinary.blogspot.com/2014/01/kedai-rakyat-djelata_14.html

0 komentar:

Post a Comment