Thursday, 4 September 2014

Belajar Masak

saya ga bisa dan ga suka masak. masak dalam artian yang serius ya, semacam bikin bakso, ato soto, ato rendang yang susah2 gitu. kalo cuman sebatas goreng2 sama rebus2 sih yang bisa lah. meski bumbu yang dipake itu-itu juga sih.. hehehe.
trus kenapa saya tiba-tiba dapet hidayah untuk belajar masak? karena mau nikah! hahahhaa:D
jadi ceritanya, saya dinasihati banyak banget sama uti dan bude2 dan terutama ibu. bahwa salah satu hal yang penting dipelajari sebelum menjadi istri adalah belajar masak. meskipun dari jauh2 hari saya udah bilang juga sih ke dia kalo saya ga bisa masak dan ga suka masak. sejauh ini sih dia oke2 aja tanpa banyak komplen. 
ehtapi dia pernah nyeletuk sih, 

"Nanti kalo udah nikah, kamu juga pasti langsung bisa masak.."

deg!!!

kalo bisa, kalo ngga??!! apakah kau akan memulangkanku pada kedua orang tuaku? #mulaidrama:D

ngga gitu2 juga sih, cuman sayanya jadi mikir juga. ga ada salahnya juga kan ya belajar masak. secara kalo bisa masak sendiri kan otomatis lebih sehat, ga kebanyakan masukin bahan2 berbahaya ke badan kayak msg dst. trus juga lebih hemat. ini sih belajar dari si mami enno yang jago banget masak yang anti bebelian jajanan di luar. ah, saya jadi terinspirasi dong. hihihi:p

lantas? saya mulai dari yang gampang2 aja. mulai dari masak yang gampang2 dulu sih. semacam lele asam pedas ini.
jadi ini sebenernya saya udah bisa masaknya dari jaman masih kuliah dulu. cuman karena ga pernah dipraktekin lagi, jadinya takut lupa. kenapa pengen bikin lagi? karena bahannya gampang, murah, bumbu2nya gampang, cara masaknya gampang dan alhamdulillah rasanya ga pernah bikin kecewa, alias kalo saya masak ini, adek2 saya yang adalah satu2nya tim yg bisa saya paksa buat nelan masakan saya, selalu bilang enak dan selalu abis sebelum waktunya.

bahan2nya apa aja sih?
namapun lele asam pedas yah, yang pasti sih
1. LELE, saya pake nya 1 kg. harap maklum, adek2 saya kan porsinya kuli. kalo cuman dikit  sayanya ga kebagian *halah:D
2. daun kemangi, pake nya sih cukup 3 iket. beli di mas2 tukang sayur ato klo yang fresh sih ngembat di halaman belakang uti banyak :D
3. bumbu2:
bawang merah 10 biji, bawang puting 10 biji, tomat buah yang merah2 4 buah, cabe rawit merah 30 buah.
garam, gula secukupnya dan air putih serta minyak.
sederhana kan?

cara bikinnya?
1. lele yang udah dipotong2in sesuai selera dilumuri garam trus digoreng sampe kering.
2. bumbu2 berupa bawang merah dan putih dan tomat 3 buah dihaluskan. bisa diulek, bisa juga pake food processor. saya tentyu saja pake food processor. kalo ada yang mudah ngapain cari yang susah. ya kan? :D
3. bumbu yang udah halus di tumis sampe mateng. dikasih gula garam sampe rasanya stabil. pas antara manis, asin dan pedasnya. setelah bumbu mateng, masukin lele yang udah digoreng tadi. diamkan beberapa saat sampe airnya berkurang n bumbu merasuk.
4. kasih potongan tomat yang diiris tipis2, masukin daun kemangi, bolak balik bentar, jadi deh.

kayak gimana sih tampilannya??

this is it.....

kemanginya itu bikin wangiiiiii.....:D
saya sih lebih suka kuahnya dikit, cuman rikues si emon kuahnya dibanyakin. yowis, manut...
jadi laper yak? Yuk ah, makan duluuu...:D
makannya pake apa? nasi putih anget n cah kangkung oke. pake sayur asem pun juga hayuk...
yuk ah, mari makaaaaannnn.....:))

0 komentar:

Post a Comment